Wednesday, April 4, 2012

Permainan Tradisional Yang Mulai Ditinggalkan #ArtikelAlaMZBC

Masih pernah mainin permainan ini? mungkin nyaris udah ga ada orang-orang perkotaan yang masih mainin permainan ini, ayo lestarikan lagi !! READ MORE 


Gangsing

Yang dimaksud disini gangsing yang tradisional MZBC readers. Jaman sekrang si udah ada banyak versi gangsing gangsing yang modern gitu, semisal bey blade dan yang sebagainya. Hem, apa salahnya kita balik lagi ke yang tradisional?





Congklak

Permainan yang menggunakan papan berlubang dengan tambahan batu atau kerang untuk menjalankan permainannya ini, udah mulai ditinggalkan MZBC reader. MZBC admin sendiri sebenernya (pengakuan) udah lupa gimana cara mainnya. Ya, jaman sekarang udah susah nyari orang yang jual papan congklak. Mungkin diantara MZBC reader ada yang tau atau punya?




Enggrang

Enggrang atau Egrang, permainan yang sangat butuh keseimbangan untuk memainkannya MZBC readers. Menggunakan dua buah bambu yang di pijak, yang panjangnya sekitar 4 meteran (?) ya tergantung orangnya juga sih.. kalo yang tingginya kayak pohon duren ya jelas beda lagi. 




Lompat Karet

Permainan ini menggunakan karet yang disusun, dikaitkan memenjang sehingga membentuk karet yang panjaaang. Ada beberapa tahapan atau tingkat kesulitan MZBC readers, seinget MZBC admin sih ada 4 atau 5 tahap, dan yang paling 'hard' adalah tahap 'merdeka', dimana karet dinaikan dengan tangan yang diangkat ketas oleh si pemegang karet. Ya biasanya sih anak-anak cewek yang main beginian, tapi ada juga sih cowok yang ikut22an, ya secara pengen aja nyoba ngrasain (kali) atau mungkin cowoknya masih diragukan kejantannannya? 






Masih banyak lagi permainan-permainan tradisional asli indonesia lainnya MZBC readers, Apa salahnya (ya sebenernya 'sudah sepantasnya') kita melestarikan permainan22 itu biar ga termakan jaman, dan termakan ini nih..
Jangan lupakan, permainan tradisional ya MZBC readers, jangan sampai punah..